Hubungan Antara Pola Asuh Authoritative dan Regulasi Emosi dengan Perilaku Agresif Siswa SMA Negeri 1 Pengasih Kulon Progo
Oleh Nurul Dwi Rohmani dan Alfi Purnamasari
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh authoritative dan regulasi emosi dengan perilaku agresif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pengasih Kulon Progo dengan jumlah sample sebanyak 152 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Skala Perilaku Agresif, Skala Pola Asuh Authoritative, dan Skala Regulasi Emosi. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik analisis regresi linier berganda. Hasil dari analisis data dengan hipotesis mayor menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara pola asuh authoritative dan regulasi emosi dengan perilaku agresif. Hasil analisis lanjutan menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi rxy = -0,169 dengan taraf signifikansi sebesar 0,060 (p≥0,05) yang berarti tidak terdapat hubungan antara pola asuh authoritative dengan perilaku agresif. Hasil analisis hipotesis minor kedua menunjukkan nilai korelasi rxy = -0,589 dengan taraf signifikansi 0,000 (p≤0,01) yang berarti terdapat hubungan negatif yang sangat signifikan antara regulasi emosi dengan perilaku agresif. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan negatif yang sangat signifikan antara pola asuh authoritative dan regulasi emosi dengan perilaku agresif dengan sumbangan efektif sebesar 45,9%. Hasil kategorisasi skor perilaku agresif siswa sebagian besar dengan tingkatan rendah (52,87%), kategorisasi skor pola asuh authoritative sebagian dengan tingkatan tinggi (78,16%), dan kategorisasi skor regulasi emosi sebagian dengan kategori tinggi (45,97%).
Kata kunci: perilaku agresif, pola asuh authoritative, regulasi emosi