EFEKTIVITAS IKLAN RAMAYANA VERSI KASIDAH DI TELEVISI DALAM MENARIK MINAT PEMBELI (SURVEI PADA PEMBELI RAMAYANA DEPARTMENT STORE DI YOGYAKARTA)
Oleh: Zuna Mega Putriwati
Abstrak:
Kegiatan periklanan merupakan faktor yang sangat penting dan berpengaruh terhadap penjualan produk/jasa. Terlebih semakin meningkatnya persaingan antara bisnis online maupun offline. Dengan demikian, kemampuan mengelola dan menyampaikan informasi yang tepat sangat penting bagi perusahaan yang hendak unggul dalam persaingan. Seperti halnya Ramayana Department Store yang berinovasi dalam pengemasan iklan Ramadhan Ramayana 2018 versi kasidah “kerja lembur bagai kuda”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas iklan tersebut dengan survei pada pembeli Ramayana Department Store di Yogyakarta. Dalam penelitian ini, alat ukur yang digunakan untuk mengetahui efektivitas iklan menggunakan EPIC Model (empathy, persuation, impact, dan communication). Populasi yang digunakan adalah pembeli Ramayana Department Store yang ada di Yogyakarta dan pernah melihat iklan Ramayana versi kasidah “kerja lembur bagai kuda”. Sedangkan sampel yang digunakan sejumlah 96 responden dengan pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan Ramayana versi kasidah “kerja lembur bagai kuda” cukup efektif dengan perolehan skor EPIC Model sebesar 3,39. Dengan perincian dimensi empathy sebesar 3,59 (efektif), dimensi persuation sebesar 3,01 (cukup efektif), dimensi impact sebesar 3,18 (cukup efektif), dan dimensi communication sebesar 3,77 (efektif). Dengan demikian, iklan Ramayana versi kasidah “kerja lembur bagai kuda” tergolong iklan yang cukup efektif dalam menarik minat pembeli.
Kata Kunci: iklan, EPIC Model, Ramayana Department Store