STUDI KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN FARMASI DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PRAMBANAN

Oleh: Seruni Puspitasari

Abstrak:

Pelayanan farmasi rumah sakit merupakan salah satu kegiatan di rumah sakit yang menunjang pelayanan kesehatan yang bermutu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan di instalasi farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Prambanan berdasarkan dari dimensi bukti fisik (tangible), keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), dan perhatian (emphaty). Penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif dengan pendekatan cross sectional terhadap 100 responden pada bulan Desember 2018 di Rumah Sakit Umum Daerah Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada responden. Hasil data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan diagram kartesius. Berdasarkan dari hasil penelitian 100 responden, terdapat hasil 57 orang (57%) responden perempuan dan 43 orang (43 %) responden laki-laki. Sebagian responden terdapat 1% (1 orang) yang berusia kurang dari 20 tahun, sebanyak 50% (50 orang) berusia antara 21 sampai 40 tahun, sebanyak 31% (31 orang) berusia antara 41 sampai 60 tahun, sisanya sebanyak 18% (18 orang) berusia diatas 60 tahun. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan kepuasan pasien pada dimensi keandalan (reliability) sangat puas. Pada dimensi ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), dan perhatian (emphaty) pasien puas. Sedangkan pada dimensi bukti fisik (tangible) pasien kurang puas.

Kata Kunci: Kepuasan; Pasien Rawat Jalan; Rumah Sakit Umum Daerah Prambanan