STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF JOGJA DIGITAL VALLEY DALAM MENINGKATKAN POTENSI INDUSTRI KREATIF DIGITAL DI KOTA YOGYAKARTA

Oleh: Aprilia Ayu Saputri

Abstrak:

Pemanfaatan teknologi digital pada masa sekarang ini sudah bukan lagi menjadi hal baru. Bukan hanya sebagai sarana komunikasi, tetapi juga mendukung  perkembangan  industri  kreatif  di  Indonesia  sehingga  muncul istilah industri kreatif digital. Industri kreatif digital adalah pemanfaatan kreativitas dan keterampilan individu dalam menciptakan kesejahteraan dan lapangan pekerjaan dengan memanfaatkan teknologi digital dalam pelaksanaannya. Dengan berkembangnya industri kreatif digital tersebut, banyak perusahaan yang juga berlomba-lomba untuk mengoptimalkan potensi industri kreatif digital yang menjadi tujuan dari perusahaan tersebut, salah satunya TELKOM yang mendirikan Jogja Digital Valley sebagai fasilitator untuk  pengembangan industri  kreatif  digital  di Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan memaparkan fenomena yang terjadi dengan sedalam-dalamnya dan diperkuat dengan pendekatan studi kasus . Dalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah filling system yang mana data dipadukan dengan teori yang  ada  dan  validasi  data  dilakukan  dengan  teknik  triangulasi  yang dilakukan dengan pengecekan data dari berbagai sumber. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui stratgei komunikasi persuasif  yang  dilakukan  oleh  Jogja  Digital  Valley  dalam  meningkatkan potensi industri kreatif digital di Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, Jogja Digital Valley melaksanakan strategi komunikasi persuasif dengan menggunakan unsur AIDDA. Dalam strategi komunikasi persuasif yang dilakukan, salah satu upayanya adalah dengan melaksanakan beberapa program yang target audiensnya adalah pelaku industri kreatif digital dengan memanfaatkan media dalam pelaksanaan strategi komunikasi persuasif tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jogja Digital Valley memang menggunakan strategi komunikasi persuasif yang efektif untuk meningkatkan potensi industri kreatif digital di Yogyakarta.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi Persuasif, Industri Kreatif