Self Disclosure Melalui Media Sosial pada Ibu Muda

Oleh Jihan Nur Retno Apsari dan Siti Muthia Dinni 

Abstrak:

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran, faktor yang mempengaruhi dan juga dampak self disclosure melalui media sosial pada ibu muda. Subjek penelitian ini adalah perempuan yang sudah menikah dan memiliki satu anak serta aktif menggunakan media sosial.Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan strategi studi kasus. Sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis isi. Validasi penelitian yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan metode.Hasil penelitian ini menunjukkan gambaran self disclosure subjek I yaitu ukuran dan jumlah self disclosure, valensi self disclosure, kecermatan dan kejujuran, maksud dan tujuan, dan keakraban. Faktor yang mempengaruhi subjek I yaitu besaran kelompok, perasaan menyukai, efek diadik, dan kompetensi. Dampak yang dirasakan subjek I yaitu sedih ketika postingannya tidak mendapatkan komentar dari orang lain. Kemudian gambaran self disclosure pada subjek II meliputi ukuran dan jumlah self disclosure, valensi self disclosure, kecermatan dan kejujuran, maksud dan tujuan, dan keakraban. Faktor yang mempengaruhi subjek II yaitu, besaran kelompok, perasaan menyukai, efek diadik, dan topik. Dampak yang dirasakan subjek II yaitu kecewa ketika postingannya diberi komentar negatif.Kesimpulan penelitian ini, subjek I memiliki gambaran self disclosure yaitu mengungkap lima postingan dengan waktu ungkap tidak menentu, pesan yang diungkap yaitu pesan positif, melakukan pengecekan dalam setiap postingannya dan subjek juga berharap mendapatkan komentar dari orang lain. Faktor yang mempengaruhi subjek I yaitu, besaran kelompok, perasaan menyukai, efek diadik, dan kompetensi. Dampak yang dirasakan subjek I yaitu merasa sedih ketika  postingannya tidak mendapatkan komentar dari orang lain. Kemudian subjek II memiliki gambaran self disclosure yaitu mengungkap lima postingan dengan waktu ungkap tidak menentu, pesan yang diungkap yaitu pesan positif dan negatif, subjek cermat sebelum memposting dan subjek juga berharap agar orang yang disindir dapat sadar diri. Faktor yang mempengaruhi subjek II yaitu besaran kelompok, perasaan menyukai, efek diadik, dan topik. Dampak yang dirasakan subjek II yaitu akan merasa kecewa ketika postingannya diberi komentar negative.

Kata kunci: Ibu Muda, Keterbukaan Diri, Media Sosial