PEMANFAATAN MEDIA KOMUNIKASI SEBAGAI PROMOSI PARIWISATA
Oleh: Fahmi Ade Prasetiyo
Abstract:
Wisata Nglanggeran adalah salah satu objek wisata, Desa Wisata Nglanggeran ini terletak di Kabupaten Gunungkidul. Desa Nglanggeran menggunakan media komunikasi untuk promosi dan publikasi, hal ini karena pengguna dari media komunikasi khususnya medai sosial sangat banyak. Lalu mengambil objek di Desa Wisata Nglanggeran dikarenakan adanya penurunan pengunjung namun omset yang di terima mengalami kenaikan. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggambarkan secara menyeluruh mengenai promosi melalui media yang dilakukan Desa Wisata Nglanggeran. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah triangulasi menurut (Creswell, 2014: 286) sebagai berikut observasi, wawancara dan dokumentasi agar data yang didapatkan data yang akurat dan alami. Teknik analisis data yang dilakukan menurut Miles and Huberman (1984) dalam Sugiyono (2008: 247-252) adalah data reduction memilih point-point penting, data display menguraikan data yang didapatkan, dan conclution drawing agar dari data yang dapatkan menjawab dari rumusan masalah. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan media komuniksi digunakan untuk publikasi dan promosi tetapi masih kurang efektif, karena beberapa media yang digunakan Desa Wisata Nglanggeran dalam pengolahanya masih kurang. Instagram media yang cukup efektif dalam pengolahannya tetapi media lain seperti twitter, facebook dan website tidak terlalu efektif karena media tersebut masa atau orang yang melihat sangat sedikit.
Kata Kunci: Media komunikasi, promosi, dan Pariwisata