Hubungan Antara Adversity Quotient dengan Prestasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Barat
Oleh Octavian Dwi Utari dan Ismira Dewi
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara adversity quotient dengan prestasi belajar pada siswa Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Barat. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 67 siswa Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Barat yang diperoleh dengan teknik sampling cluster random sampling. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasi dengan skala dan nilai rapor sebagai alat pengumpulan data. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala adversity quotient yang disusun dengan merujuk pada teori Stoltz. Analisis data yang digunakan ialah teknik analisis korelasi product moment dengan bantuan program komputer SPSS versi 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai koefisien antara adversity quotient dengan prestasi belajar adalah sebesar R=0,748 dengan taraf signifikansi p= 0,000 (p<0,01), hal ini menunjukan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti diterima. Adversity quotient memberikan sumbangan efektif sebesar 55,9% terhadap prestasi belajar.Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara adversity quotient dengan prestasi belajar. Semakin tinggi adversity quotient maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa. Sebaliknya, semakin rendah adversity quotient maka semakin rendah pula prestasi bellajar siswa.
Kata kunci: Adversity Quotient, prestasi belajar