Strategi Komunikasi Corporate Social Responsibility Melalui Instagram terhadap Reputasi Perusahaan di Indonesia
Oleh Dida Caliva Banjarani
Abstrak
Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan adalah komitmen perusahaan yang tidak hanya untuk meningkatkan keuntungan secara finansial, tetapi juga untuk pembangunan sosial, ekonomi kawasan secara holistik, melembaga, dan berkelanjutan (Suharto, 2008). Dengan adanya tuntutan stakeholders (para pemangku kepentingan), komunikasi CSR menjadi salah satu aspek penting dalam praktik perusahaan karena komunikasi CSR dapat berfungsi sebagai jembatan atau penghubung antara perusahaan dengan stakeholders. Mengenai komunikasi, saat ini media sosial merupakan salah satu sarana komunikasi publik yang sangat efektif. Terutama di Indonesia, banyak perusahaan-perusahaan yang memakai media sosial terutama Instagram untuk sarana publikasi kegiatan CSR, di mana hal ini merupakan bentuk strategi komunikasi CSR.
Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Komunikasi, Media Sosial Instagram