Upaya Meningkatkan Kerjasama Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP NEGERI 1 Pleret Kabupaten Bantul Tahun Pelajaran 2019/2020

Oleh Eka Namita Kristumurti dan Romelan Hamzah

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kerjasama belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pleret Kabupaten Bantul tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Setting penelitian ini adalah setting kelas VIII E SMP Negeri 1 Pleret semester genap Kabupaten Bantul tahun pelajaran 2019/2020, dengan jumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, dan catatan lapangan. Uji instrumen yang digunakan adalah uji validitas isi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan kerjasama belajar matematika siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 1 Pleret Kabupaten Bantul tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini terbukti dari hasil observasi kerjasama belajar matematika siswa yang mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada siklus I persentase kerjasama belajar matematika siswa adalah 55,49% dengan kriteria cukup. Pada siklus II persentase kerjasama belajar matematika siswa adalah 78,98% dengan kriteria baik. Dari hasil wawancara dengan siswa menunjukkan bahwa siswa tertarik dan merasa senang belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT).

Kata Kunci: kerjasama, model pembelajaran, NHT