Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, Citra Merek, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Distro Nimco Royale Store Yogyakarta
Oleh Andi Eka Putra
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Distro Nimco Royal Store Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Distro, yang diketahui rata-rata konsumen yang datang perhari berjumlah 200 orang, dengan sampel sebanyak 134 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu Purposive Sampling dan Insidental Sampling. Kriteria Purposive Sampling pada penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli produk Distro.Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Sumber data penelitian ini adalah data primer, data primer adalah data yang diperoleh dari responden melalui kuesioner, observasi, maupun hasil wawancara dengan nara sumber. Analisis data pada penelitian menggunakan analisi regresi linier berganda, uji t, uji f dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk, citra merek dan harga secara parsial berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian. Sedangkan pada desain produk tidak berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian di Distro Nimco Royal Store. Kemudian hasil penelitian kualitas produk, desain produk, citra merek dan harga secara bersama–sama berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian di Distro Nimco Royal Store.
Kata Kunci: Produk, Desain Produk, Citra Merek dan Harga.