Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas VII G Semester Genap SMP Negeri 3 Banguntapan Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2019/2020

Oleh Siti Nurrohmah

Abstrak

Pembelajaran yang menggunakan model ekspositori yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru, membuat siswa kurang terlibat aktif dalam mengikuti proses pembelajaran matematika. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa kelas VII G semester genap SMP Negeri 3 Banguntapan Kabupaten Bantul semester genap tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Setting penelitian ini adalah kelas VII G SMP Negeri 3 Banguntapan Kabupaten Bantul tahun ajaran 2019/2020, dengan jumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara dan catatan lapangan. Uji instrumen yang digunakan adalah uji validitas isi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika pada siswa kelas VII G semester genap SMP Negeri 3 Banguntapan Kabupaten Bantul tahun ajaran 2019/2020. Hal ini terbukti dari hasil observasi aktivitas belajar matematika siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I persentase aktivitas belajar matematika siswa rata-rata 54,58% dengan kriteria sedang. Pada siklus II persentase aktivitas belajar matematika siswa rata-rata72,04% dengan kriteria tinggi. Dari hasil wawancara dengan siswa menunjukkan bahwa siswa tertarik dan merasa senang belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD).

Kata Kunci: Aktivitas, Model Pembelajaran, STAD