Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal Teknik Psikodrama Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa Ditengah Pandemi
Oleh Zahra Fania Putri, Farah Bilqis Salsabilla, dan Hardi Prasetiawan
Abstract
Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengkaji seberapa efektifkah layanan bimbingan kelompok teknik psikodrama untuk menanamkan nilai-nilai karakter ditengah era pandemi seperti sekarang ini. Metode kajian menggunakan kajian literatur. Dimana perlunya menanamkan karakter pada siswa selama belajar di rumah. Dengan menanamkan karakter ini, diharapkan siswa selama belajar dirumah yang menggunakan peralatan teknologi seperti smartphone, dapat benar-benar menggunakannya diranah yang positif dan produktif, sehingga siswa bisa terhindar dari hal-hal negatif seperti kecanduan game, pornografi, cyberbullying, dan lain-lain. Melalui teknik psikodrama yang nantinya dilakukan menggunakan platform zoom, google meet, dan sejenisnya, siswa dapat memerankan sebuah peran yang dapat memberikan pengaruh positif bagi kondisi psikologisnya yang secara tidak langsung akan membantu merekonstruksi pola pikir siswa tentang mana karakter yang baik dan karakter yang buruk. Sehingga dengan harapan akhir siswa mampu melewati masa pandemi ini dengan hal hal yang positif dan berkualitas bagi dirinya.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Psikodrama, Karakter, Pandemi.