Persepsi Siswa Terhadap Efektivitas Pembelajaran PAI Daring di Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Imogiri
Oleh Irmawati Wardani
Abstrak:
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendapatkan informasi mengenai efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada masa pandemi Covid-19 yang dilaksanakan secara daring di SMA Negeri 1 Imogiri. Jenis pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data yang diperlukan dalam penelitian dikumpulkan melalui teknik wawancara daring dengan beberapa siswa SMA Negeri 1 Imogiri serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini ialah kegiatan pembelajaran PAI secara daring di masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Imogiri dilaksanakan dengan menggunakan beberapa aplikasi pendukung pembelajaran online, seperti WhatsApp dan Goggle Classroom. Akan tetapi, bagi para siswa SMA Negeri 1 Imogiri kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara daring dirasakan belum efektif. Beberapa faktor yang mempengaruhi persepsi tersebut antara lain ialah adanya kendala jaringan internet di beberapa wilayah tempat tinggal siswa, kebutuhan kuota internet yang banyak, serta metode pembelajaran yang kurang menarik. Sehingga para siswa mengalami kesulitan dalam menerima dan memahami materi yang diberikan oleh guru. Dengan keadaan yang demikian, pihak sekolah juga memberikan keringanan dan kemudahan kepada para siswa untuk belajar online (daring) menggunakan aplikasi yang menghemat kuota.
Kata kunci: Efektifitas, Pembelajaran PAI, Pandemi Covid-19