Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Secara Daring Menggunakan Google Classroom
Oleh Dwi Febriyanti, Rita Meliyana dan Aan Hendroanto
Abstrak:
Pandemi covid-19 memaksa pembelajaran harus dilakukan secara jarak jauh dimana peserta didik dirumah dan guru di tempat lain sehingga pembelajaran kurang maksimal. Salah satu kendala yang di temukan yaitu rendahnya motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meneliti motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika secara daring selama covid-19. Metode dalam penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif yang dilakukan di SMA Muhammadiyah Bantul dengan subjek dari 18 sampel acak kelas X, XI, dan XII cara penggumpulan data dengan angket google form. Di temukan motivasi siswa dalam pembelajaran google classroom masih rendah, di lihat dari aspek ketertarikan siswa yang senang dalam pembelajaran, perhatian siswa yang masih kurang, dorongan interaksi siswa yang masih rendah untuk bertanya tugas yang belum di pahami, dan keterampilan siswa yang masih bingung jika di berikan tugas tidak sama dengan contoh.
Kata kunci: Motivasi, Pembelajaran, Matematika, dan Daring