Dampak Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Siswa Saat Pembelajaran Daring

Oleh Rida Nur Hidayah dan Afit Istiandaru

Abstrak:

Penelitian ini diharapkan dapat menjadi evaluasi berbagai pihak dalam menyelenggarakan pembelajaran daring. Penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi bahan kajian bagi peneliti lain dalam menganalisis motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring pada masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana kondisi objektif motivasi yang dialami siswa Sekolah Menegah Kejuruan dalam pembelajaran daring pada masa pandemic Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan, dimana dalam mengumpulkan informasi data, menggunakan teknik dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal yang relevan dari berbagai macam yang ada di perpustakaan seperti dokumen, buku, majalah, berita. Kriteria artikel dan berita yang dipilih yaitu adanya pembahasan tentang dampak COVID-19, pembelajaran daring dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi evaluasi berbagai pihak dalam menyelenggarakan pembelajaran daring. Penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi bahan kajian bagi peneliti lain dalam menganalisis motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring pada masa pandemi.

Kata kunci: Dampak Covid-19; Pembelajaran Daring; Motivasi Belajar Siswa