Penggunaan Metode Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning)untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa di SMA Negeri 1 Pleret Bantul
Oleh Risal Fratama, Mega Sari, dan Drs. Surono, M.Hum
ABSTRAK
Meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris siswa dalam pembelajaran tidaklah mudah. Dibutuhkan proses, kesabaran dan metode pembelajaran yang sederhana dan mudah dipahami oleh siswa. Metode CTL memberikan solusi pembelajaran yang berdasarkan oleh pengalaman siswa, kehidupan siswa sehari-hari, nyata, dapat dirasakan oleh indera manusia dan tentunya kesenangan yang tidak membuat siswa bosan. Dengan menggunakan metode CTL dalam proses pembelajaran Daring Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Pleret Bantul Yogyakarta, banyak manfaat yang dapat diperoleh siswa diantaranya; kemampuan potensi yang dimiliki oleh siswa untuk perkembangan mereka, siswa dapat berpikir kritis dan kreatif, siswa menyadari terkait apa yang mereka pelajari, mendapatkan informasi sesuai dengan apa yang mereka butuhkan, belajar bahasa Inggris akan lebih menyenangkan dan tidak membosankan, siswa terbantu dalam pengajaran bahasa Inggris yang bekerja secara efektif dalam kelompok dan sikap kooperatif yang baik antara individu dan kelompok. Kemampuan siswa dalam bahasa Inggris dengan menggunakan metode CTL akan menjadi lebih baik jika pengajaran yang kita berikan kepada siswa kita banyak memberikan pelatihan – pelatihan kepada mereka dengan 4 keterampilan yang ada dalam bahasa Inggris yakni Reading, Writing, Listening dan Speaking. sehingga kita akan melatih pendengaran, kefasihan atau pengucapan dan juga kepenulisan siswa. pembelajaran bahasa Inggris akan lebih menyenangkan dan mudah dipahami siswa dengan menggunakan Metode CTL yang mana dapat meningkatkan kemampuan dalam berbahasa Inggris.
Kata Kunci: Kemampuan Berbahasa Inggris, Metode Pembelajaran Kontekstual.