Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas X IPS 1 di SMA N 1 Bantul
Oleh Melinda Triningtyas, Dara Gati Mustikaning Salamah, Siti Ida Farik, dan Wahyu Nanda Eka Saputra
Abstrak
Tujuan penulisan artikel ilmiah ini adalah untuk mengetahui apa saja kendala yang dialami siswa kelas X IPS 1 SMA N 1 Bantul dalam pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19. Dalam artikel ini menggunakan metode survey pendapat kepada siswa kelas X IPS 1 di SMA N 1 Bantul dalam layanan Bimbingan Klasikal. Hasil analisa dari artikel ilmiah ini adalah kendala yang dirasakan siswa dengan adanya pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 adalah koneksi jaringan yang tidak begitu bagus, kuuota cepat habis, tugas yang diberikan guru mata pelajaran sangat banyak dan deadline waktu yang terlalu sedikit, cepat merasa bosan, kesulitan dalam memahami materi yang diberikan, waktu istirahat menjadi kurang karena terlau sibuk mengerjakan tugas yang menumpuk, dan lingkungan yang berisik sehingga sangat mengganggu waktu belajar.
Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19, Siswa SMA