Evaluasi Formatif Pembelajaran Daring Menggunakan Google Classroom Mata Pelajaran Biologi di Kelas XII IPA SMA Muhammadiyah Imogiri

Oleh Atika Riani, Ayu Maulidiyah, Windi Sundari, dan Nani Aprilia

Abstrak

Aplikasi Google classroom merupakan salah satu dari aplikasi learning management system yang paling banyak digunakan oleh guru SMA Muhammadiyah Imogiri, karena mudah digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana respon siswa dalam kemudahan mengakses aplikasi Google classroom, pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran dengan menggunakan Google classroom, dan keefektifan menggunakan aplikasi Google classroom dalam pembelajaran daring. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui angket respon siswa dengan menggunakan Google form yang diberikan kepada siswa kelas XII IPA sebanyak 20 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring menggunakan platform Google classroom lebih dari 61% siswa menyatakan bahwa tidak ada kesulitan dalam mengoperasikan Google classroom Dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi google classroom dalam pembelajaran daring pada masa wabah covid- 19 sudah cukup baik dan efektif, hanya saja akan lebih baik jika dipadukan dengan platform online lainnya.

Kata Kunci: Google classroom, evaluasi formatif, daring