Analisis Kesulitan Belajar Siswa Menengah Akhir dalam Masa Pandemi Covid-19
Oleh Salwa Rahmadiyanti dan Fauzi Ramadhani W
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini untuk memaparkan faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar siswa selama pandemi covid-19 didalam kelas XI SMA Negeri 1 Kasihan terutama dalam pembelajaran bahasa inggris. Pembelajaran bahasa inggris menjadi sangat kompleks karena didalamnya memuat 4 skill yaitu listening, speaking, reading dan writing. Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat faktor faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan pembelajaran mengenai mata pelajaran Bahasa Inggris ini. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan instrumen angket atau kuisioner yang disebarkan melalui link google form dan observasi. Analisis data penelitian melalui pengumpulan data , penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kendala yang seringkali dialami oleh siswa adalah kendala pada koneksi sehingga sulit mengikuti dan mengakses materi pembelajaran yang diberikan, sehingga mempengaruhi kemampuan siswa dalam menyerap dan mempraktekan materi yang diberikan.
Kata Kunci: Covid 19, Kesulitan pembelajaran, Bahasa Inggris.