Pemanfaatan Media Berbasis ICT “Google Classroom” Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Oleh Erlina Nur’aini, Icha Rizky Amelia, Wikan Nastiti Tyashening, Drs.Bambang Suseno M.A.*
Abstrak : Pembelajaran efektif adalah pembelajaran yang terpusat pada siswa (student center). Hal ini dikarenakan siswa adalah pusat pembelajaran. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran sangat berarti untuk memberi pengalaman bagi siswa. Beberapa upaya untuk melibatkan siswa dalam pembelajaran adalah menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran yang tepat tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan siswa di kelas tersebut. Pembelajaran yang dilaksanakan di SMAN 1 Bantul berdasarkan hasil analisis kebutuhan dan materi bahwa siswa lebih menunjukkan antusias belajar jika menggunakan media. Salah satu media yang tepat adalah berbasis ICT yang berarti media tersebut bisa di akses dengan mudah oleh siswa. Media Google Classroom adalah media yang berbasis ICT karena mengandalkan dalam jaringan dan gawai. Media Google Classroom dapat meningkatkan motivasi siswa karena bersifat mutltimedia. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pemanfaataan media Google Classroom dalam pembelajaran Bahasa Inggris untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMAN 1 Bantul 1 Bantul. Adapun metode penelitian dalam artikel ini adalah kajian pustaka (library research). Adapun pembahasan dalam penelitian ini adalah 1) Pentingnya ketepatan dalam pemilihan media pembelajaran; 2) Media Goggle classroom sebagai media berbasis ICT; 3) Upaya peningkatan motivasi belajar siswa; 4) Pemanfaatan media Google Classroom dalam pembelajaran Bahasa Inggris untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Kata Kunci: Google Classroom ,Media Berbasis ICT , Motivasi Siswa
Selengkapnya