EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID 19 UNTUK MEMBERIKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK

Oleh Titis Wahyuningrum1*), Karishma Soebagio2, & Rudi Gunawan 3

Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk melihat efektivitas pembelajaran daring untuk memberikan layanan Bimbingan kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Dalam rangka mencegah penyebaran virus Covid-19 yang sangat cepat, berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah adalah menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan acara-acara yang dapat menyebabkan massa berkerumun. Hal ini tentu berlaku pada kegiatan pembelajaran tatap muka. Sekolah-sekolah dan universitas diharuskan untuk melaksanakan pembelajaran secara daring. Maka dari itu, pemberian layanan bimbingan dan konseling kepada siswa dilakukan secara daring. Layana Bimbingan Kelompok dan juga layanan bimbingan dan konseling lainnya dilaksanakan secara daring, melihat kondisi yang tidak memungkinkan untuk bertatap muka.

Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, daring, Covid-19

Selengkapnya

1. Paper Seminar Nasional