Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mencegah Bullying SMK N 1 Bantul
Oleh: Isnanda Rahmawati, Istnaini Miftakhul Fa’izah, Nurul Fathimah Zulkarnaen, Amien Wahyudi
Abstrak :
Bullying merupakan hasrat berupa tindakan kekerasan (verbal dan non verbal) yang dilakukan sesorang untuk menyakiti korbannya. Banyak terjadi bullying disekolah yang dilakukan dalam bentuk verbal maupun non vebal. Perilaku bullying di lingkungan sekolah dapat menciptakan suasana lingkungan yang kurang mendukung terhadap perkembangan siswa baik dalam bidang akademik maupun bidang sosial. Faktor penyebab terjadinya bullying seperti keluarga, teman, sekolah dan media. Bullying dapat berdampak negatif untuk korban maupun pelakunya. Dampak negatif bullying untuk pelakunya seperti tidak dapat bersosialisasi atau menjalin hungungan sosial dengan orang lain, sedangkan dampak negatif bullying bagi korban seperti korban mudah merasa cemas, takut bergaul dengan orang lain, menarik diri dari lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi bullying disekolah dengan konseling individu. Dalam penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Metode ini bertujuan untuk menganalisis mendalam tentang peran guru bimbingan dan konseling dalam mencegah bullying. Penelitian ini dilakukan di SMK NEGERI 1 BANTUL. Teknik pengumpulan data dengan mengambil data di pustaka.
Kata Kunci: Bullying, Bimbingan dan Konseling