PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MEDIA TEBAK GAMBAR BERBASIS ONLINE UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BANTUL

Oleh: Nadyah Chusnul Chotimah Hasibuan, Yola Yolanda Sudrajat

Abstrak:

Tujuan Artikel ini untuk mengetahui (1) Media layanan bimbingan klasikal di sekolah , (2) Model layanan Bimbingan klasikal melalui Tebak Gambar, (3) Upaya pelaksanaan Layanan Klasikal. Hasil penelitian ini adalah: (1) Media layanan bimbingan klasikal di sekolah masih berbasis konvesional, (2) Model bimbingan klasikal menggunakan Media Tebak Gambar dengan menggunakan Sterofom  dilakukan dengan cara memberikan materi sebelum layanan dilakukan, memberikan penugasan, penugasan akan disimpan dan dinilai pada rangkaian aplikasi produktivitas google, terjadi kolaborasi antara guru dan siswa dan siswa dengan siswa yang lain; proses Grading yang bermanfaat untuk melakukan pengukuran atau penilaian terhadap pekerjaan yang diberika kepada siswa; proses Communication bermanfaat untuk komunikasi antara guru dan siswa tanpa harus berada diruangan yang sama tetapi melalui postingan dan komentar di aplikasi; Time-Cost bertujuan untuk pengaturan waktu; ada Archive Course yang bermanfaat untuk pengarsipan data dan dokumen bahan pembelajaran selama kelas layanan klasikal berjalan; kemudahan akses di Mobile Aplication karena telah tersedia dalam bentuk aplikasi di handphone atau playstore atau berbasis android. Dengan penerapan layanan klasikal melalui Google classroom maka siswa akan efektif, dan efisien serta siswa akan belajar secara mandiri dalam mempelajari materi dan mengerjakan tugas. 

Kata Kunci: Media Konseling; Tebak Gambar; Layanan Klasikal