PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA TEMATIK DI SD MUHAMMADIYAH GONDANGLEGI
Oleh Aulia Savitri Nurhayati 1, Harina Suharjono2, Sisi Harokah3, Feri Budi Setyawan4
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas I di SD Muhammadiyah Gondanglegi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian ada sepuluh cara yang dilakukan oleh guru dalam menjalankan perannya sebagai motivator. Namun, dari hasil penelitian yang dijelaskan diatas, hanya terdapat delapan cara guru dalam menjalankan perannya sebagai motivator. Maka disimpulkan bahwa guru berperan sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas I di SD Muhammadiyah Gondanglegi, adalah 1) Menggunakan metode yang bervariasi, 2) Menciptakan persaingan/kompetisi, 3) Memberi evaluasi/ulangan, 4) Memberi nilai atau angka, 5) Memberitahukan hasil belajar siswa, 6) Memberi hadiah kepada siswa, 7) Memberi pujian, 8) Memberi hukuman jika tidak mengerjakan tugas.
Kata Kunci: Peran guru, minat belajar
Selengkapnya