Talkshow “Thriving in New Surroundings: Strategies for Achieving Success in College”

Sabtu tanggal 21 September 2024, Unit Konseling Mahasiswa di bawah pengawasan Bidang Pengembangan Karakter dan Kesejahteraan, Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BIMAWA), Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan talkshow dengan tema “Thriving in New Surroundings: Strategies for Achieving Success in College”. Kegiatan ini diselenggarakan pada pukul 15.30-16.30 WIB. Talkshow dilakukan secara daring melalui siaran langsung di kanal Youtube BIMAWA UAD Jogja. Kegitan talkshow ini telah ditonton sebanyak 255 kali oleh penonton streaming youtube.

Kegiatan ini dibawa oleh moderator Rizki Adisyaputri yang merupakan Konselor Sebaya UAD. Dalam talkshow ini narasumber yang diundang adalah beberapa mahasiswa baru yang sangat berprestasi dan memiliki banyak pengalaman yaitu Siti Khasanah dari Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Danar Andria Wirawan dari Prodi Teknik Industri, M. Analta Gibransyah dari Prodi Ilmu Hukum, Amelia Putri Irawan dari Prodi Sastra Inggris, dan Nafisa Anindya Kusumo dari Prodi Gizi. Materi yang dipaparkan oleh narasumber yaitu mengenai pengalaman mereka dalam beradaptasi dan menyesuaikan diri di lingkungan baru dan tips untuk aktif serta berprestasi di lingkungannya khususnya di UAD yang mana sangatlah menarik.

Melalui pemaparan dari para narasumber dijelaskan bahwa menyesuaikan diri atau adaptabilitas adalah proses seseorang dalam mengubah perilaku mereka agar dapat mencapai keselarasan dilingkungannya. Strategi yang dapat dilakukan yaitu dengan cara terbuka, berani, percaya diri, berprasangka baik, aktif untuk mengeksplor hal baru, bertanya ketika tidak tahu, memperluas relasi dengan kakak tingkat dan dosen. Jikalau kita lelah yang pertama kali harus kita ingat adalah tuhan yang maha esa, kemudian mengingat dan memetakan kembali tujuan kita, konsisten dan komitmen, tidak lupa untuk istirahat dan merawat fisik dan mental diri, dan apresiasi diri. Ketika dilingkungan baru ada baiknya untuk menjadi gelas kosong yang ketika bertemu hal baru akan terisi oleh hal-hal dan pelajaran-pelajaran baru dan kita akan mampu dan terbuka untuk menerimanya. Apabila gelas kita penuh ketika berada dilingkungan baru, kita akan sulit untuk belajar dan mendapatkan hal penting. Jangan lupa untuk selalu bersyukur dan bergantung hanya kepada tuhan yang maha esa.

Tonton video talkshow selengkapnya disini:

https://www.youtube.com/live/mvcGO-rsjqA?si=ceI-2SJkbwQv7wj8