STRATEGI EVENT MANAGEMENT BLACKWOOD ENTERTAINMENT DALAM MENYUKSESKAN ACARA SOUNDSATION DI KOTA CIREBON TAHUN 2018

Oleh: Muhammad Raafi Syahrul

Abstrak:

Soundsations merupakan acara musik konser yang diselenggarakan oleh perusahaan PT.HM Sampoerna. Acara musik Soundsations ini adalah music konser terbesar diseluruh Indonesia saat ini. Kesuksesan ini tidak luput dari strategi pengorganisasian event organizer dari Blackwood entertainment dimana organisasi ini merupakan agen komunikasi pemasaran dari perusahaan jasa Mega Production, agen ini spesialis dalam acara musik dan aktivasi merek. Penelitian ini menggunakana penelitian kualitatif  yang bertujuan untuk memperoleh data mengenai strategi komunikasi organisasi event organizer blackwood entertainment dalam menyukseskan acara soundsations ini. Penilitian ini menggunakan dua orang narasumber yang pertama ketua event organizer blackwood entertainment  yang berada di Kota bandung dan kedua ketua dari komunitas ruang alternative yang berada di Kota Cirebon. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  strategi,  komunikasi,  tahapan perencanaan dan produksi acara dari event organizer blackwood entertainment dapat menyukseskan acara Soundsations di Kota Cirebon. Dari acara yang dikemas sangat menarik ditambah pengisi acara yang menarik membuat pengunjung yang hadir puas akan acara tersebut.

Kata Kunci: Strategi   Pengorganisasian,   Event   Organizer   Blackwood entertainment, Kesuksesan Event