Strategi Bimbingan dalam Menghadapi Tes Baca Qur’an Bagi Mahasiswa PGSD Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
Oleh Amalik Pracayo Aji
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bimbingan dalam menghadapi tes baca qur’an bagi Mahasiswa PGSD Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, subjek penelitian adalah Kaprodi PGSD, Guru Pembimbing Tes Baca Qur’an, dan Mahasiswa PGSD. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini terdapat strategi bimbingan dalm menghadapi tes baca qur’an di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta sebagai; 1) Strategi dalam melakukan bimbingan iqro’ mengikuti mata kuliah tahsin yang mana nantinya apabila mahasiswa mendapatkan nilai minimal B bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti ujian TBQ dengan batas maksimal 2 kali mengikuti ujian TBQ dan apabila 2 kali sudah mnegikuti ujian tersebut gagal maka mahasiswa akan mengikuti bimbingan TBQ yang kemudian nanti mahasiswa akan di bimbing oleh guru pembimbing agar lulus ujian TBQ dengan mendapat nilai sesuai yang sudah di tentukan. 2) Strategi pada saat bimbingan iqro’ a) mahasiswa di ajarkan oleh pembimbing secara satu persatu yang kemudian pada saat bimbingan mahasisa tersebut di uji kemampuannya berupa materi dalam Al-Qur’an maupun iqro’ oleh dan biasanya materi tersebut ada pada saat pergantian jilid dalam buku iqro’, b) mahasiswa yang ingin mengikuti ujian TBQ adalaha mahasiswa yang sudah fasih dalam membaca Al-Qur’an.
Kata kunci: Bimbingan, Tes Baca Qur’an, Mahasiswa, PGSD