Store Atmosphere Sebagai Determinan Keputusan Pembelian Konsumen Di Pamella 1 Supermarket Yogyakarta
Oleh Cholid Arrachman
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis store atmosphere terhadap keputusan pembelian di Pamella 1 Supermarket Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan 2 variabel independen yaitu instore atmosphere dan outstore atmosphere dengan satu variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan jenis yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel diambil sebanyak 80 responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan kuesioner yang dibuat menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Instore Atmosphere dan Outstore Atmosphere secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Pamella 1 Supermarket Yogyakarta dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa Instore Atmosphere berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 alpha. Dan berdasarkan dari hasil perhitungan diperolah nilai signifikan 0,000 < 0,5 alpha, sehingga outstore atmosphere berengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen pada Pamella 1 Supermarket Yogyakarta. Koefisien determinan R Square menunjukan nilai 0,529. Hal ini berarti variabel dependen (keputusan pembelian) dipengaruhi oleh variabel independen (store atmosphere) sebesar 52,9% sedangkan sisanya 47,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci: Store Atmosphere, Instore Atmosphere, Outstore Atmosphere, dan Keputusan Pembelian.