HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GOOLE MEET PADA PEMBELAJARAN ASINKRON TEKS DESKRIPTIF TERHADAP KEAKTIFAN PESERTA DIDIK SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA

Oleh Desy Nofitasari, Nadya Firda Lestari dan Ikmi Nur Oktavianti

Abstrak

Penelitian kali ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menganalisis keefektivan dari penggunaan media Google Meet untuk kegiatan pembelajaran asinkron terhadap keaktifan siswa. Kegiatan dilakukan di sebuah sekolah yang mana berlokasikan di Kota Yogyakarta yaitu  SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta.

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2020. Dalam melangsungkan penelitiannya, peneliti menggunakan metode penelitian eksperimental yang mana menjelaskan hasil dari penelitian menggunakan data-data yang telah tersedia. Populasi dari penelitian ini adalah siswa dari SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta yang duduk dibangku kelas X. Sampel penelitian menggunakan teknik Cluster Sampling yaitu pemilihan sampling dimana populasi dibagi kedalam kelompok kewilayahan dan kemudian akan dipilih wakil dari tiap-tiap kelompok.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Google Meet pada proses pembelajaran asinkron tidaklah efektif bagi kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang mana menyebabkan ke-pasif an peseta didik selama proses pembelajaran berlangsung. 

Kata Kunci: Pembelajaran Asinkron, Keaktifan peserta didik, Media Google Meet, Respon siswa