PENGGUNAAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI DI SD MUHAMMADIYAH SLEMAN
Oleh Jihan Permatasari, Nafisa Ramadhana Riyadi, dan Kirana Prama Dewi
Abstrak
Covid-19 memberikan banyak dampak,salah satu yang terkena dampak adalah sistem pendidikan di tanah air. Pemerintah mengambil langkah dengan program belajar secara online. Pembelajaran online dimaksudkan agar siswa tetap mendapatkan haknya memperoleh ilmu tetapi tetap aman dengan dirumah saja. Pembelajaran tatap muka dialihkan dengan pembelajaran online dengan pemanfaatan teknologi secara maskimal demi terlaksana nya pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan penerapan teknologi dalam pembelajaran daring masa pandemic covid-19; dan 2) mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung penggunaan teknologi pada pembelajaran daring di SD Muhammadiyah Sleman. Objek penelitian ini adalah guru SD Muhammadiyah Sleman. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan guru di SD Muhammadiyah menggunakan teknologi dalam pembelajaran daring di masa pandemic, baik menggunakan media sosial, video pembelajaran, maupun platform pembelajaran daring. Faktor penghambat meliputi aspek sumberdaya manusia, sarana-prasarana, dan teknis implementasi. Faktor pendukung meliputi dukungan orang tua, kurikulum yang adaptif, dan peran guru serta kepala sekolah.
Kata Kunci: Teknologi, Pembelajaran Daring, Covid-19, Sekolah Dasar