KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING DI SD MUHAMMADIYAH TRISIGAN

Oleh Indry Anggreini, Rikho Yudhistira Aditya Rahman, Yudha Eka Sri Atmaja, dan Vera Yuli Erviana

Abstrak

Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penggunaan google classroom sebagai media pembelajaran di SD Muhammadiyah Trisigan dalam pembelajaran secara daring. Dalam pembelajaran daring, pendidik harus berkreativitas agar dalam pembelajaran daring di masa pandemi ini berjalan sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Untuk media pembelajaran di era pembelajaran daring ini disesuaikan dengan kurikulum dan kemampuan pendidik dalam membuat suatu media yang berkesan menyenangkan bagi peserta didik dan tidak membosankan dalam pembelajaran tetapi tetap efektif sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Trisigandenganobjek penelitian rekan PLP II yang mengajar menggunakan media google clasroom, jenis metode penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan melakukan, observasi, dokumentasi dan analisis dengan model data kualitatif Milles & Huberman yang terdiri dar itia tahap, yakni reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.

Kata Kunci: Keefektifan, Pembelajaran daring, Google Classroom, Sekolah Dasar.