Identifikasi Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh di SMA N 1 Piyungan
Oleh Amirul Ikhsan, Galuh Sekar Satiti, dan Wahyu Nanda Eka Saputra
Abstrak
Akibat adanya pandemi virus Covid-19 menyebabkan lembaga pendidikan menggunakan sistem pembelajaran jarak jauh. Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh ditemukan berbagai hambatan yang dialami oeh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan/ kesulitan siswa dalam pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan studi pustaka. Subjek penelitian ini adalah siwa SMA N 1 Piyungan. Dari penelitian ini menunjukkan hasil bahwa hambatan yang dialami siswa dalam pembelajaran jarak jauh dikelompokkan menjadi hambatan internal dan hambatan eksternal. Faktor yang paling menghambat siswa dalam pembelajaran jarak jauh yaitu dari aspek afektif diamana kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran jarak jauh, serta keterbatasan kuota internet ikut menghambat siswa dalam pembelajaran jarak jauh.
Kata Kunci: Belajar; Pembelajaran; Jarak Jauh