Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Jogja Belajar (JB) Class Terhadap Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Oleh Atika Sari, Lailatul Maulidiyah, dan Wahyu Nanda Eka

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media Jogja Belajar (JB) Class terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ). Populasi pada penelitian ini ialah siswa kelas XII SMAN 1 Piyungan Tahun Ajaran 2020/2021, dengan kelas XII IPA 1 dan XII IPA 2 sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan datanya ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 1dan siswa kelas XII IPA 2. Berdasarkan hasil penelitian bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran melalui JB Class.

Kata Kunci: JB Class, Keaktifan, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)