STRATEGI PEMBELAJARAN ISMUBA di SMK MUHAMMADIYAH 2 BANTUL PADA MASA PANDEMI COVID19

Oleh Ahmad Tofik Nurhidayat, Fahruruzi Ahmad Thobi’i2, Hasna Rizky Ramadhan3 , Yusron Masduki

Abstrak: Pandemi Covid-19 membuat SMK Muhammadiyah 2 Bantul melakukan pembelajaran secara daring, pembelajaran daring ini merupakan upaya sekolah mengatasi problematika akibat terjadinya pandemi. Penelitian ini mencoba menjelaskan strategi pembelajaran yang tepat juga terkait pembelajaran Islam, Kmeuhammadiyahan, dan Bahasa Arab (ISMUBA). Pada pembelajaran ISMUBA menggunakan strategi pembelajaran online berbasis flatform Google classroom, ini menjadi hal yang unik yaitu pada sekolah-sekolah lain berlomba-lomba menggunakan flatform berbasis video seperti zoom dan lain sebagainya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah medtode kualitatif, Adapun teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik  dokumen, dan observasi online, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis isi. Penelitian ini menggunakan jenis data sekunder. SMK Muhammadiyah 2 bantul merupakan SMK yang terdampak sistem belajaran online, hal tersebut membuat pihak sekolah memutar otak untuk menenentukan strategi pembelajaran agar mutu pendidikan terjamin. Maka usaha menentukan strategi pembelajaran yang tepat guna menjaga mutu pendidikan SMK Muhammadiyah 2 Bantul tetap dipercaya oleh masyarakat.

Kata Kunci: Pembelajaran Masa Pandemi Covid 19, Al Islam, Ismuba 

Selengkapnya

1. Cover Seminar Nasional

2. Paper Seminar Nasional