Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp Sebagai Penunjang Proses Pembelajaran Online
Oleh Lintang Anggit Utami dan Windani Ayu Pramesti
ABSTRAK
Proses kegiatan belajar mengajar saat ini dilakukan secara daring sejak pandemi Covid-19. Kegiatan belajar dan mengajar menjadi sangat berbeda, yang semula menggunakan metode pembelajaran offline dan sekarang menjadi pembelajaran berbasis online. Peserta didik maupun guru harus bisa beradaptasi menyesuaikan dengan keadaan saat ini. Mereka diharuskan memilih media yang mendukung efektifitas pembelajaran daring/online, contohnya penggunaan Aplikasi WhatsApp sebagai penunjang proses pembelajaran . Aplikasi WhatsApp memiliki banyak pengguna, termasuk guru dan peserta didik telah menggunakan WhatsApp sebagai sarana pembelajaran untuk memudahkan komunikasi antar siswa dan guru. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan Aplikasi WhatsApp sebagai penunjang proses pembelajaran online oleh Siswa Kelas X di SMK N 2 SEWON. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan cara penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data peneltian dilakukan dengan cara observasi di kelas daring melalui WhatsApp Group. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Aplikasi WhatsApp merupakan media yang paling efektif digunakan oleh siswa saat pembelajaran daring/online.
Kata Kunci : Daring, Media Pembelajaran, Aplikasi WhatsApp.