PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI WHATSAPP UNTUK PEMBELAJARAN DARING
Oleh Alifah Nor Alimi1, Ida Rohmayanti2, Riska Aprilia Sunarningsih3, Hendra Darmawan4
Abstrak: Pandemi covid-19 telah mengganggu proses pembelajaran secara konvensional. Maka diperlukan solusi untuk menjawab permasalahan tersebut. Pembelajaran secara daring adalah salah satu alternatif yang dapat mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh gambaran pelaksanaan pembelajaran daring melalui Whatsapp di SMP N 3 Bantul. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII dan VIII SMP N 3 Bantul. Data dikumpulkan dengan wawancara melalui Whatsapps Messenger. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis kualitatif yang merupakan cara atau upaya lebih untuk menekunkan pada aspek pemahaman secara mendalam pada suatu permasalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Beberapa siswa merasa senang dan beberapa siswa merasa bosan dengan pembelajaran daring melalui Whatsapp (2) Beberapa siswa merasa mudah memahami materi pembelajaran dan beberapa siswa merasa sukar untuk memahami materi pembelajaran.
Kata Kunci: Persepsi Siswa. Pembelajaran Daring. Whatsapp.
Selengkapnya