Pandemi Covid – 19 Merubah Cara Pandang Mengajar Guru Menjadi Inovatif

Oleh Yuma Zain Latifatul Zahro1*),  Subhan Agustian2, & Sutarman3

Abstrak: Pendidikan di abad 21 ini merupakan momen penting yang terjadi di era revolusi industri 4.0, pendidikan yang harus tetap maju dalam teknologi ini terancam dengan wabah pandemi Corona Virus Diseas (Covid-19) yang terjadi di akhir tahun 2019 hingga penghujung 2020. Sistem pembelajaran pun juga ikut berubah biasanya dengan tatap muka sekarang menjadi tatap layar gawai atau dikenal dengan pembelajaran secara daring selama pandemi ini berlangsung. Sehingga para Guru dan Pendidik merubah sistem pembelajaran yang dilakukan selama pandemi agar tidak pembelajaran tidak tertinggal. Pandemi ini juga mempunyai aspek positif dan negatif, aspek positif pembelajaran daring sebagai tantangan dalam era revolusi industri 4.0 yang mengedepankan teknologi dan digital dan aspek negatif yang terjadi ialah tidak semua peserta didik mempunyai kelengkapan perangkat dalam menunjang pembelajaran secara daring. Maka daripada itu pendidik/guru merencanakan dan melakukan pembelajaran sesuai dengan situasi dan kondisi baik itu dari sekolah, peserta didik dan kebijakan yang harus direncanakan dengan matang. 

Kata Kunci: Pendidikan, Pandemi, Teknologi, Pendidik dan Guru, Pembelajaran Daring

 

Selengkapnya

  1.  Paper Seminar Nasional