Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19
Oleh Arisa Cahyalaili Dalia, Jasmine Hanifah,
Ratri Nur Hidayati, M.Pd. B.I.
Abstrak: Pandemi Covid -19 membuat perubahan di berbagai bidang, diantaranya bidang pendidikan. Yang menyebabkan pembelajaran dilaksanakan secara daring ( online ). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, jenis kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa- siswi kelas XI IPA dan IPS di SMAN 1 Pundong, Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa selama belajar daring, apa saja faktor – faktor motivasi belajar siswa selama belajar dairng, bagaimana pengaruh motivasi belajar terhadap proses pembelajaran daring. Hasil penelitian ini adalah motivasi siswa – siswi kelas XI IPA dan IPS mengalami penurunan di bulan Agustus – September 2020, terbukti dengan kurang nya respon siswa dalam menanggapi materi pelajaran dari guru di google classroom dan saat pengumpulan tugas yang diberikan oleh guru.
Keywords: Motivasi Belajar, Siswa SMA, Pandemi Covid -19
Selengkapnya