MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN

Oleh Arum Umul Mukaromah 1*), Yuhda Nuri Salam 2, & Sumargiyani3

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar siswa dan hasil belajar matematika selama pembelajaran daring kelas VIII SMP N 1 Banguntapan tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan metode observsi, dengan target populasi seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Banguntapan. Sampel yang diambil secara acak sederhana dan diambil 10 siswa. Instrumen penelitian yang akan digunakan adalah penyebaran angket motivasi belajar dan wawancara hasil belajar matematika. Untuk mengukur motivasi belajar menggunakan skala likert, penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 11-12 september 2020. Untuk uji instrumen menggunakan uji statistik deskriptif. Dari data motivasi belajar memiliki skor terendah yaitu 41 dan skor tertinggi yaitu 69. Siswa yang memiliki kategori motivasi belajar rendah yaitu 2 siswa, sedang yaitu 6 siswa dan tinggi yaitu 2 siswa. Berdasarkan hasil sebaran data tersebut dikatakan bahwa siswa kelas VIII di SMP N 1 Banguntapan untuk motivasi belajar selama pembelajaran daring dikatakan sedang dan hasil belajar matematika siswa dikatakan cukup baik. Hal itu dibuktikan pada tabel hasil motivasi belajar dan hasil wawancara hasil belajar matematika.

Kata Kunci: Motivasi Belajar; Hasil Belajar; Pembelajaran Daring 

 

Selengkapnya

  1.  Paper Seminar Nasional