Kendala Guru Dalam Pembelajaran PAI Secara Daring di SMP Negeri 3 Pleret

Oleh Alfian Andriana Devi, Karina

Abstrak: Pada saat ini hampir seluruh negara di dunia sedang ditimpa musibah yang disebabkan oleh virus Covid-19 termasuk Indonesia. Virus Covid-19 ini ternyata sangat berpengaruh dan berdampak dalam dunia pendidikan tidak terkecuali pada pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kendala guru dalam pembelajaran PAI secara daring pada saat pandemi Covid-19. Brntuk dan sifat penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara wawancara dan observasi. Sedangakan analisis data dalam penelitian ini menggunakan data kualitatif yang disajikan tanpa perhitungan angka. Responden penelitian ini adalah salah satu guru PAI di SMP Negeri 3 Pleret. Hasil dari wawancara adalah pembelajaran PAI secara daring di masa pandemi ini merupakan hal yang bagus dilaksanakan karena merupakan upaya dari pencegahan virus Covid-19. kendala dari guru PAI sendiri adalah guru kesulitan untuk melaksanakan pembelajaran PAI yang memerlukan praktek. Dari siswa sendiri kurangnya pengendalian dalam penggunaan smartphone (HP) dan kuranga fokus dalam pemebelajaran.Cara mengatasi  kendala pemebelajaran adalah dengan memantau peserta didik, menggunakan video pembelajaran, dan peserta didik dipancing untuk aktif.

Kata Kunci: Kendala pembelajaran, Pendidikan Agama Islam 

Selengkapnya

  1. Paper Seminar Nasional