EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO

Oleh Mutiara Hasanah1*), Arief Kurniawan 2, & Afit Istiandaru3

Abstrak: Dalam dunia pendidikan, belajar dapat diartikan sebagai interaksi yang dilakukan di dalam  kelas maupun di luar kelas antara guru dan siswa. Pandemi covid 19 membuat semuanya kacau, salah satunya di sistem pendidikan, yang mengharuskan sekolah untuk libur dan melakukan proses pembelajaran secara daring. Google classroom merupakan salah satu program yang memiliki fitur yang efisien, mudah digunakan dalam proses pembelajaran seperti pemberian bahan ajar, diskusi, pengumpulan tugas, pemeriksaan tugas, serta pemberian nilai terhadap tugas siswa. Keadaan ini diharapkan semua guru mata pelajaran memiliki kreativitas sendiri dalam penyampaikan materi pelajaran secara online yang dapat memudahkan siswa dalam memahami materi yang diberikan. Sehingga merangsang motivasi belajar yang dapat meningkatkan prestasi belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah googleclassroom efektive untuk pembelajaran daring.

Kata Kunci: Google classroom; Pandemi Covid; Pembelajaran daring

 

Selengkapnya

1. Paper Seminar Nasional