PENGEMBANGAN MEDIA INSTAGRAM DALAM LAYANAN INFORMASI BIMBINGAN DAN KONSELING DI MASA PANDEMI

Oleh: Faradita Widyaningrum, Indah Dwi Rahayu, Siti Rohmah, & Agus Supriyanto

Abstract:

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa tentang materi yang disampaikan dalam layanan informasi Bimbingan dan Konseling. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemanfaatan media Bimbingan dan Konseling. Media Instagram dipilih sebagai satu upaya perbaikan masalah diatas tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan  kelayakan media blog dalam layanan informasi Bimbingan dan  Konseling  dan  (2)  meningkatkan  minat  siswa dalam  memanfaatkan layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah. Penelitian ini merupakan  penelitian pengembangan yang menghasilkan suatu produk. Sebelum pada tahap produksi, dilakukan analisis kebutuhan materi layanan Bimbingan dan Konseling pada siswa dan diperoleh presentase tertinggi yaitu materi Pengembangan Perilaku Sosial yang Bertanggung Jawab sebanyak  87,4%.  Sedangkan  hasil  yang  diperoleh  dari  uji  ahli dalam  mendukung  kelayakan media blog dalam layanan informasi bimbingan dan konseling 76,8% menurut kriteria penilaian Mustaji (2005) termasuk kategori baik dan layak digunakan.

Kata Kunci: Instagram, Pandemi