PENGEMBANGAN MEDIA INSTAGRAM DALAM LAYANAN INFORMASI BIMBINGAN DAN KONSELING DI MASA PANDEMI
Oleh: Faradita Widyaningrum, Indah Dwi Rahayu, Siti Rohmah, & Agus Supriyanto
Abstract:
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa tentang materi yang disampaikan dalam layanan informasi Bimbingan dan Konseling. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemanfaatan media Bimbingan dan Konseling. Media Instagram dipilih sebagai satu upaya perbaikan masalah diatas tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kelayakan media blog dalam layanan informasi Bimbingan dan Konseling dan (2) meningkatkan minat siswa dalam memanfaatkan layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menghasilkan suatu produk. Sebelum pada tahap produksi, dilakukan analisis kebutuhan materi layanan Bimbingan dan Konseling pada siswa dan diperoleh presentase tertinggi yaitu materi Pengembangan Perilaku Sosial yang Bertanggung Jawab sebanyak 87,4%. Sedangkan hasil yang diperoleh dari uji ahli dalam mendukung kelayakan media blog dalam layanan informasi bimbingan dan konseling 76,8% menurut kriteria penilaian Mustaji (2005) termasuk kategori baik dan layak digunakan.
Kata Kunci: Instagram, Pandemi