ANALISIS MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN E-LEARNING DI MTS MUHAMMADIYAH KASIHAN

Oleh Roza Julia Lestari1*), Trisna Muharyati 2, & Rusmining3

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh infromasi mengenai motivasi belajar matematika siswa selama pembelajaran daring menggunakan E-Learning pada kelas VII MTs Muhammadiyah Kasihan tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan dengan metode pengisian kuesioner, dengan target populasi seluruh siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Kasihan. Sampel yang diambil secara acak sederhana yaitu setiap kelas diambil 10 siswa. Instrumen penelitian yang akan digunakan adalah penyebaran kuesioner. Untuk mengukur motivasi belajar menggunakan tes skala Guttman, yang telah dilaksanakan pada tanggal 21-24 september 2020. Untuk uji instrumen menggunakan uji statistika berbasis excel. Dari data motivasi belajar memiliki skor terendah yaitu 36 dan skor tertinggi yaitu 96. Siswa yang memiliki kategori pengaruh motivasi belajar rendah yaitu 6 siswa, sedang yaitu 14 siswa dan tinggi yaitu 10 siswa. Berdasarkan hasil sebaran data tersebut dikatakan bahwa motivasi belajar matematika siswa menggunakan E-Learning dapat dikategorikan sedang.  Penelitian ini diharapkan dapat menjadi evaluasi berbagai pihak sekolah dalam menyelenggarakan pembelajaran daring menggunakan E-Learning yang melibatkan motivasi belajar dari peserta didik.

Kata Kunci: Motivasi, Belajar, E-learning 

 

 

Selengkapnya

  1.  Paper Seminar Nasional