ANALISIS KESULITAN BELAJAR SECARA DARING MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMP MUHAMMADIYAH JETIS BANTUL
Oleh Nadilah Rachmawati1*) & Dwi Astuti2
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisisi kesulitan belajar secara daring. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah Jetis Bantul tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah semua siswa kelas VII dan kelas VIII yang berada di SMP Muhammadiyah Jetis Bantul. Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil observasi atau pengamatan pembelajaransecara daring melalui grup whatsapp, banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam belajar. Hal itu terjadi karena adanya hambatan-hambatan dalam berlangsungnya proses pembelajaran. Terlebih dimasa pandemic seksrang ini, pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka dan tidak ada diskusi secara bersama. Kurangnya penekanan khusus dalam penyampaian materi yang membuat adanya kesulitan belajar. Maka dapat disimpulkan, pembelajaran secara daring ini banyak menimbulkan kesulitan belajar bagi peserta didik terutama pada pelajaran matematika.
Kata Kunci: Kesulitan Belajar; Daring; Matematika
Selengkapnya