Pengaruh pembelajaran daring menggunakan WhatsApp terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 9 SMP Muhammadiyah Sanden

Oleh Desi Anggaraini1*), Anggih Nur Safitri2, & Hendro Kusumo Eko Presetyo Moro3

Abstrak: Perkembangan pendidikan saat ini dipengaruhi oleh pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu teknologi informasi yang ikut berperan dalam dunia pendidikan adalah pembelajaran daring. Pembelajaran daring berfungsi sebagai penghubung antara pendidik dengan siswanya dengan jaringan internet yang diakses dimana saja dan kapan saja. Media daring yang digunakan dalam subjek penelitian ini adalah WhatsApp. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil belajar dengan metode pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa, siswa merasa WhatsApp memudahkannya dalam  menunjang kegiatan pembelajaran dan berkomunikasi dengan guru dibandingkan dengan media online lainnya. Dan hasil belajar siswa dengan media WhatsApp ini juga meningkat dengan baik dibandingkan dengan media lain. Jadi WhatsApp merupakan salah satu media yang memiliki manfaat diantaranya memudahkan komunikasi dan mendukung kegiatan belajar. Kemudian dalam menggunakan WhatsApp membuat siswa merasa terbantu dengan adanya aplikasi ini menjadi salah satu sarana komunikasi yang penting dan disukai siswa. 

Kata Kunci: Daring, WhatsApp, hasil belajar, siswa

 

Selengkapnya

  1.  Paper Seminar Nasional