Pengembangan Media Monopoli dan Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling
Oleh: Eliza Fitriana, Wulansari Qodriani, Dimas adi prasetyo, Agung budi prabowo
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media monopoli dan implikasinya di dalam Bimbingan dan Konseling sebagai salah satu media yang menarik yang dapat digunakan dalam layanan informasi. Dapat dimanfaatkan siswa tingkat menengah dan tingkat atas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kajian literatur dimana peneliti melakukan serangkaian penelitian yang melibatkan berbagai macam informasi yang berasal dari kepustakaan. Permainan monopoli tersebut menyampaikan pesan yang dapat membangkitkan pikiran, perasaan,perhatian, dan kemauan individu dalam memahami, mengarahkan, mengambil keputusan secara mandiri. Dengan menggunakan media, siswa akan banyak melibatkan indera (penglihatan, pedengaran, peraba, perasa, penciuman) yang pada akhirnya dapat mencapai hasil yang sesuai dengan tujuan bimbingan secara maksimal.
Kata Kunci: Bimbingan dan Konseling, Media monopoli.