UPAYA GURU DI SD MUHAMMADIYAH MBS PRAMBANAN DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING
Oleh: Dwi Lestari, Irfan Afif, Ika Wulandhari, Siwi Purwanti
Abstrak:
Pandemi covid-19 telah mengganggu proses pembelajaran yang dilakukan secara konvensional. Pembelajaran daring dianggap sebagai salah satu solusi efektif agar pembelajaran diberbagai tingkat pendidikan dapat tetap terlaksana. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang bagaimana upaya guru dalam menjalankan pembelajaran daring di masa pandemi covid 19. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah MBS Prambanan. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu guru kelas yang mengajar di SD Muhammadiyah MBS Prambanan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pandemi Covid 19 membawa dampak yang sangat besar bagi keberlangsungan pembelajaran, proses pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka di sekolah kini dialihkan menjadi daring. Pembelajaran daring berjalan dengan cukup baik namun ada beberapa kendala yang dihadapi yaitu sulitnya sinyal, masih cukup banyak siswa yang tidak memiliki smartphone sendiri, orang tua yang sibuk bekerja serta keterbatasan siswa dalam memahami materi yang dibagikan oleh guru.
Kata Kunci: upaya guru, pembelajaran daring, kendala