Program Kerja Bimbingan Dan Konseling SMP Negeri 1 Sedayu

Oleh: Rahma Oktriantri,Muhammad Amama Faedloni, Siddiq Alfiyanto Adjie Wibowo

Abstrak:

Layanan bimbingan dan konseling merupakan proses pemberian bantuan yang diberikan kepada peserta didik secara terus-menerus dengan tujuan peserta didik mampu mencapai kemandirian diri, sehingga peserta didik mampu mengarahkan dirinya sesuai dengan tuntutan keadaan lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat. Dengan adanya layanan bimbingan dan konseling dapat membantu peserta didik dapat mengoptimalkan kemampuannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program kerja layanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri 1 Sedayu. Program bimbingan dan konseling didasarkan pada upaya pencapaian tugas perkembangan, pengembangan potensi, dan pengentasan masalah-masalah konseli. Standar Kompetensi siswa di Indonesia mengacu pada Standar Kompetensi Kemampuan Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) yang terbagi dalam 11 aspek perkembangan.Implikasi terhadap guru bimbingan dan konseling pada implementasi program bimbingan dan konseling yaitu penguatan pengetahuan yang utuh tentang teori perkembangan. Program bimbingan dan konseling yang berhasil dapat tercapai jika konselor mampu memproporsional yaitu 80% waktu layanan bimbingan dan konseling bersifat direktif pada peserta didik sedangkan 20% waktu layanan untuk kegiatan manajemen program dan dukungan sistem.

Kata Kunci: program kerja, bimbingan, konseling