PENGGUNAAN POHON KARIR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF CONTROL DALAM MENGURANGI PERILAKU AGRESIF SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA
Oleh: Aghtia mutiara larasati, Jamaludin, Elita agustiani, Agung budi prabowo
Abstrak:
Latar belakang dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan self control dalam mengurangi perilaku agresif menggunakan pohon karir siswa di SMP Muhammadiyah Kasihan Bantul dikarenakan masih rendahnya self control siswa di kelas VII sehingga diperlukannya layanan bimbingan kelompok media karir untuk meningkatkan self control siswa dalam mengurangi perilaku agresif. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah self control siswa melalui layanan bimbingan kelompok media pohon karir di kelas VII dapat meningkatkan dalam mengurangi perilalu agresif siswa? Tujuannya untuk mendeskripsikan hasil self control dapat mengurangi perilaku agresif siswa kelas VII. Penelitiian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling yang terdiri dari II siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIImelalui layanan bimbingan kelompok.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok,Self Control,Perilaku Agresif