Problem Posing Education Method : Sebuah Upaya Memperbaiki Kualitas Pendidikan Indonesia Melalui Metode Nalar Kritis oleh Tedy Firdaus dkk
Pendidikan, merupakan salah satu aspek Penting dalam upaya perubahan secara Fundamental (dasar) terhadap permasalahan-permasalahan bangsa seperti kemiskinan, penggangguran, ketimpangan, perilaku intoleran Dsb. Walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa upaya perubahan dan pengembangan dalam bidang Pendidikan tidak secepat perubahan dalam bidang teknologi yang dalam beberapa tahun saja sudah sedemikian berkembang pesat. Latar belakang penulisan ini karena Indonesia adalah negara yang memiliki kualitas pendidikan rendah. Ini terjadi karena banyaknya masalah yang belum diperbaiki oleh pemerintah Indonesia. Meskipun pemerintah telah meluncurkan berbagai Program Pendidikan, hingga kini jumlah masalah di Indonesia masih terjadi, misalnya, tidak ada partisipasi dalam kualitas pendidikan, kurangnya kesadaran guru dan siswa. Sejumlah besar Program Pendidikan Indonesia yang dilaksanakan belum mampu mengatasi masalah yang terjadi. Di sini upaya pemerintah dan juga kebutuhan masyarakat harus sesuai dengan masalah yang ada. Melalui Problem Posing Education, yaitu Metode pembelajaran pada penanaman nilai nilai Berfikir kritis serta proses pembelajan Inside-Out atau pola mengeluarkan potensi/bakat peserta didik dari dalam diri. Hingga pada akhirnya, pendidikan bukan hanya menjadi cara untuk Indonesia lebih maju dari segi pembangunan manusianya saja. Lebih dari itu, pendidikan seperti proses belajar-mengajar menjadi way of life yang selalu dijaga masyarakat Indonesia dalam membangun negara menuju manusia Indonesia Unggul.
Selengkapnya :